what time is it?

What time is it?

Minggu, 02 Januari 2011

Profil ITALIA

• ITALIA

Bendera Italia Lambang Negara Italia
Ibukota Negara : Roma
Letak Astronomi : 41°54′N 12°29′E / 41.9°N 12.483°E 41 ° 54'N 12 ° 29'E / 41,9 ° N 12,483 ° BT
Bahasa : Bahasa Italia ( Italian )
Lagu kebangsaan : Fratelli D’Italia, L Italia S’E Desta
Mata uang : Euro ( € )
Bentuk pemerintahan : Republik
Kepala negara : Presiden
Luas wilayah : 301,338 km 2

Italia adalah sebuah negara yang terletak di selatan-tengah Eropa.Di bagian utara berbatasan Perancis , Swiss , Austria dan Slovenia di sepanjang Pegunungan Alpen. Di sebelah selatan terdiri dari keseluruhan dari Semenanjung Italia , Sisilia , Sardinia - dua pulau terbesar di Laut Mediterania dan banyak pulau-pulau kecil lainnya. Negara-negara independen San Marino dan Kota Vatikan adalah daerah kantong di Italia, sementara Campione d'Italia adalah Italia eksklave di Swiss. Wilayah Italia mencakup beberapa 301.338 km 2 (116.347 sq mi ) dan dipengaruhi oleh iklim musiman sedang . Dengan 60,4 juta penduduk, itu adalah negara terpadat keenam di Eropa , dan dua puluh tiga terpadat di dunia. Ibukota Italia, Roma , adalah selama berabad-abad pusat politik peradaban Barat sebagai ibukota Kekaisaran Romawi.Italia akan bertahan banyak invasi oleh masyarakat asing, dari suku-suku Jermanik seperti Lombardia dan Ostrogoth , ke Bizantium dan kemudian, Normandia , antara lain. Italia akan menjadi tempat kelahiran dari Renaissance ,sebuah gerakan intelektual sangat bermanfaat yang akan terbukti menjadi tidak terpisahkan dalam membentuk program berikutnya pemikiran Eropa.
banyak sejarah pasca-Romawi-nya, Italia dipecah-pecah menjadi kerajaan banyak dan kota-negara (seperti Kerajaan Sardinia , di Kerajaan Dua Sisilia dan Kadipaten Milan ), tetapi bersatu pada tahun 1861,berikut masa penuh gejolak dalam sejarah dikenal sebagai " Il Risorgimento "(" The Kebangkitan "). Pada akhir abad 19, melalui Perang Dunia I , dan Perang Dunia II , Italia memiliki sebuah kerajaan kolonial , yang memperpanjang kekuasaannya untuk Libya , Eritrea , Somalia , Ethiopia , Albania , Rhodes , yang Dodecanese dan konsesi di Tianjin , Cina.
Modern Italia adalah sebuah republik demokratis. Ini telah menempati ranking teratas's 23 negara yang paling berkembang dunia dan yang Kualitas-of-Life Index telah menempati ranking teratas dalam sepuluh besar di dunia.Italia menikmati standar tinggi yang sangat hidup , dan memiliki tinggi nominal PDB per kapita.Ini adalah anggota pendiri dari apa yang sekarang Uni Eropa dan bagian dari zona euro. Italia juga merupakan anggota G8 , G20 dan NATO . Ia memiliki dunia terbesar GDP nominal ketujuh , kesepuluh nilai PDB (PPP)dan anggaran pemerintah tertinggi keenam di dunia. Ini juga merupakan negara anggota Organisasi Kerjasama Ekonomi Kerjasama dan Pembangunan , yang Organisasi Perdagangan Dunia , dengan Dewan Eropa , maka Uni Eropa Barat dan PBB.Italia memiliki dunia terbesar sembilan anggaran pertahanan dan saham senjata nuklir's NATO.Italia memainkan peran penting di Eropa dan dunia militer , budaya dan diplomatik urusan, dan berafiliasi dengan organisasi-organisasi di seluruh dunia seperti Organisasi Pangan dan Pertanian , World Food Programme , Dana Internasional untuk Pembangunan Pertanian , Glocal Forum , dan NATO Pertahanan College , yang berkantor pusat di Roma. Eropa politiknya, sosial dan ekonomi mempengaruhi negara membuatnya menjadi besar kekuatan regional , di samping Inggris, Perancis, Jerman, dan Rusia.Negara ini memiliki pendidikan publik yang tinggi tingkat , tenaga kerja yang tinggi , dan merupakan sangat global bangsa . Menurut salah satu penjelasan umum lagi, istilah Italia , dari bahasa Latin : Italia, telah meminjam melalui Yunani dari Oscan Víteliú, yang berarti "tanah ternak muda" (lih. Lat vitulus "betis", UMB vitlo "betis "). banteng adalah simbol dari suku Italia selatan dan sering digambarkan goring serigala Romawi sebagai simbol menantang Italia gratis selama Perang Samnite . Yunani sejarawan Dionysius dari Halicarnassus negara akun ini bersama-sama dengan legenda yang Italia bernama setelah Italus , disebutkan juga oleh Aristoteles dan Thucydides.
Nama Italia awalnya hanya diterapkan ke bagian dari apa yang sekarang Italia Selatan -menurut Antiokhus dari Syracuse , bagian selatan Bruttium semenanjung (modern Calabria ). Tapi waktu Oenotria dan Italia telah menjadi sinonim, dan nama juga diterapkan pada sebagian besar Lucania juga. Orang-orang Yunani secara bertahap datang untuk menerapkan nama "Italia" ke daerah yang lebih besar, tapi tidak sampai saat penaklukan Romawi bahwa istilah itu diperluas untuk mencakup seluruh semenanjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar